Sabtu, Oktober 18, 2008

Review Film : 4Bia


Ni film udah agak lama sih (April 2008 Tayang di Thailand), tapi gpp deh sapa tau ada yg lum nntn, betul? Jadi gw tulis aja d review na...
Dan baru sempet nonton tadi malem bareng temen gw, setelah sebelumnya tertarik buat nonton ni film pas liat sinposis di majalah (tapi lupa majalah apa ya???)
Mengenai film horror 3 In 1 atau 4 In 1 sebenarnya bukan barang baru sih, tapi tetep aja asik disimak karena ga bikin bosen karena cerita dan alur2nya beda2, so ga bikin jenuh ato kebanyakan nguap (hoho)

4Bia terbagi dalam 4 film didalamnya yaitu Happiness / Kebahagiaan, Tit for Tat / Eye for an Eye / Mata balas mata, In The Middle / Di Tengah dan Flight 224 / Last Fright / Ketakutan Terakhir.
Dan emang kebanyakan film2 horor asia yang ada kebiasaannya membuat cerita yang tidak mudah dipahami hanya sekali tonton, hak itu juga yang gw alamin pas nonton 4Bia. Beberapa hal agak kurang ngerti, walau ujung2nya ngerti juga c, dan perlu mikir lumayan lama hehe...

Cerita pertama judulna Happiness / Kebahagiaan, satu hal yang langsung gw tangkap dari ni film, NO DIALOG. Dan entah kenapa tegang aja pas nontonnya, alnya rada berhubungan dengan ponsel, sms dan orang asing. Ceritanya tentang seorang cewek yang mendapat SMS dari nomor tak dikenal alias sms asing. Karena kesepian (yang gw liat cewek ini pengangguran karena abis kecelakaan gitu), SMS itu dibalas. Mereka pun saling berbalas SMS. Dan yang paling serem pas mereka mulai tukeran foto, sang cewek duluan mengirim foto yang baru aja dia jepret ke pengirim asing, namun anehnya sang pengirim sms malah ngirim foto yang sama. Katanya aku ada di sebelahmu, Kyaaaaa... Dan mulai dari situ tegang banget, ampe adegan mati lampu layaknya film horor seperti biasanya, pokoknya lumayan bikin jantung deg2an hehe... Dan pastinya ada benang merah kenapa si cewek bisa dapet sms dari orang asing itu, dan semuanya berhubungan dengan kecelakaan yang dialami beberapa waktu yang lalu. Hufth...

Yang kedua judulna Thai banget, Tit for Tat yang artinya mata balas mata, jujur aja gw ga begitu ngeh ama yang kedua ini, salut sih ama visual effectna, tapi ga serem malah lucu... Film ini menceritakan tentang satu geng anak SMA yang dikeluarkan dari sekolah gara-gara kegep bawa ganja. Mereka pun balas dendam dan menyiksa anak yang mengadukan mereka ke kepala sekolah. Ternyata anak itu diam-diam juga punya cara untuk membalas perlakuan mereka. Mata dibalas mata, gw baru ngeh kenapa judulna eta pas akhir film. Dan untuk yang kedua ini bagi gw mah bukan horor tapi lebih ke thriller / pembunuhan ato sejenisnya.

Nah yang ketiga "agak" bikin gw surprise, karena ceritanya emang agak ngejutin pas middle to endnya... 4 Orang anak muda berkemah dan melakukan aktivitas rafting di tengah hutan di daerah Chiang Mai Thailand, yang kemudian mengalami kecelakaan saat semuanya tengah melakukan rafting. Kocak, tengang dan kaget banget liat ni film, lucu tapi bikin ngeri. Pada malam sebelum mereka ngelakuin besok harinya, mereka ngobrol tentang hantu, dan sempet terucap terakhir kalinya ama salah satu di antara mereka "Kalo gw mati duluan, gw bakal nyari orang yang ada di tengah (yang tidur di tengah maksudnya)". Beuh serem banget...

Dan yang terakhir paling males gw tonton, ga tau paling serem ato paling bikin kaget ato apalah, tapi yang pasti cerita terakhir agak dingin. Ga kebayang deh kalo ampe gw yag ngalamin, tidaaaakkkkk. Ceritanya tentang pramugari sebuah pesawat jet pribadi, yang terpaksa terbang mengawal jenazah seorang putri dari negara lain. Tanpa disangka, sang putri itu adalah istri dari selingkuhan si pramugari. Sebelumnya dia juga melayani putri tersebut sebelum dia meninggal pada penerbangan sebelumnya. Yang gw aneh, emag orang bisa meninggal karena alergi udang yah??? Karena pas penerbangan sebelumnya pas sang putri masih hidup, si Pim ngasih masakan yang ada udangnya ke putri itu. Whatever lah, pokoknya pas adegan2 terakhir nerbangin mayat putri balik lagi ke negaranya itu yang serem. Apalagi terakhir pas kain pembungkusnya kebuka, wuih ga berani liat gw. Overall seremnya dapet...

Dari 4 film yang ada gw paling suka yang ke 3 ama 4, fim ke 3 lucu ama bikin surprise, dan yang ke 4 dingin dan serem (bagi gw mah), tapi 2 yang lain juga layak tonton ko, walau yang ke 2 bagi gw agak kurang...
Sempet nyesel karena ga nonton ni film di bioskop, kayaknya bakal lebih "dapet" lagi hehe...
Bagi kamu yang belum nonton, kalo ga salah mah di Blitz masih tayang, tapi cuma satu jadwal jam 10 malam, hoho pas banget, gw ga berani!!! Moga aja di 21 juga bakal tayang tar... Tapi udah basi atuh ya hehe...


-ThiO-

0 komentar: