Kamis, Agustus 07, 2008

Jalan Sutra : Blog Yang Selalu 'Enak'


Sebuah blog yang paling sering dikunjungi saat ini adalah blog asuhan si 'mak nyusss' Bondan Winarno yang bernama Jalan Sutra.

Seperti namanya, Jalan Sutra, blog ini selalu menampilkan makanan khas di seluruh Indonesia yang pastinya menggugah selera. Sang ahli yang meramu masakan-masakan tersebut dalam sebuah penuturan tertulis, adalah Bondan Winarno yang biasa mengisi kolom kuliner di beberapa media nasional dan juga ditayangkan di salah satu televisi swasta. Dilihat dari postingan terlama, ternyata blog ini baru berusia seumur jagung. Bisa dibilang sangat baru jika dibandingkan dengan kolom tulisan Bondan Winarno di media-media lain.

Yang namanya membuat sebuah ramuan yang 'enak' dibaca, tidak akan lengkap jika tidak dilengkapi dengan gambar makanan yang dimaksud. Menyadari hal tersebut, blog ini pun menyebar beberapa gambar makanan dengan tampilan close-up, seolah makanan tersebut telah tersaji di depan para pembaca blog ini.

Konten di dalam blog ini memang mengutamakan segala sesuatu tentang makanan dan jajanan pasar. Namun konsep berbagi pengalaman 'enak' di dunia maya menyebabkan blog ini juga memberikan berita-berita ringan seputar traveling. Entah itu tulisan mengenai tempat belanja, bandara, tempat menginap hingga tips saat melakukan perjalanan wisata ke seluruh Indonesia, sekaligus tips mengenai belanja oleh-oleh di suatu tempat.

Konten Artikel pada blog Jalan Sutra pun di breakdown lagi menjadi beberapa bagian. Misalnya saja Kolom Jalan Sutra yang berisi tulisan-tulisan milik Bondan Winarno di media-media ternama. Atau kolom WINExperience yang memberikan keterangan dan informasi detil mengenai pengalaman dan tips seputar minuman Wine (Anggur). Selain itu juga ada kolom Catatan JS-er, Travelink, Jalanologi dan Logikuliner.

Beberapa kolom yang dihadirkan di sini tidak melulu ditulis oleh Bondan, tapi kesempatan menulis juga diberikan kepada seluruh anggota Jalan Sutra. Tidak heran jika artikel-artikel dalam blog Jalan Sutra ini tidak terlalu kontinyu diisi setiap hari. Padahal kabarnya, anggota Jalan Sutra, yang juga memiliki hobi jalan-jalan dan icip-icip makanan seperti Bondan Winarno, telah berjumlah lebih dari belasan ribu. Anggota-anggota ini kebanyakan aktif bercenggkerama di milis Jalan Sutra yang menggunakan domain Yahoo.

Yang paling menarik dari artikel-artikel yang ada dalam blog ini adalah sebuah kolom dengan nama LogiKuliner. Kolom ini didedikasikan untuk membahas makanan dengan cara yang ilmiah, logis dan seru khas cara Jalansutra. Bahkan artikel di dalam kolom ini juga membahas sains dan teknologi dibalik legenda dan mitos yang berkaitan dengan makanan dan masakan apapun.

Jangan harap anda bisa menemukan makanan tidak enak di blog ini karena semua makanan yang telah mereka icip dan kemudian mereka tuliskan di sini, sudah pasti enak dan 'mak nyusss'.

Kunjungi www.jalansutra.or.id


(Okezone)

0 komentar: