Senin, Mei 26, 2008

10 Acara Televisi Swasta Indonesia Terancam Dihentikan Bahkan Bakal Bertambah (Whew???)


Tayangan Televisi Swasta semakin parah di Indonesia, tapi kayaknya dah lama deh parahnya mah, tapi emang kurang adanya perhatian. Terutama Sinetron-sinetron yang amit2 dah, udah ngejiplak, makin aneh, sadis, dan kadang kerasa lebai...

Baru-baru ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengevaluasi hampir 200 tayangan televisi khususnya TV swasta dan menyatakan ada 10 tayangan yang terancam dihentikan dikarenakan mengandung unsur kekerasan, pelecehan terhadap kelompok masyarakat dan individu, penganiayaan terhadap anak, serta tidak sesuai norma kesopanan dan kesusilaan.

10 Acara TV itu adalah Cinta Bunga (SCTV), Dangdut Mania Dadakan 2 (TPI), Extravaganza (Trans TV), Jelita (RCTI) Udah habis masa tayangnya hehe, Mask Rider Blade (ANTV), Mister Bego (ANTV), Namaku Mentari (RCTI), Rubiah (TPI), Si Entong (TPI), dan Super Selebshow (Super soulmate sekarang mah) - (Indosiar). Dan menurut KPI sebetulnya bukan berarti tayangan diluar 10 itu sudah baik, masih ada kemungkinan daftar tayangan yang terancam dihentikan itu bertambah.




Ketua KPI Pusat Sasa Djuarsa Sendjaja di Jakarta, Jumat (9/5), mengatakan, tayangan itu dikategorikan bermasalah karena mengandung unsur kekerasan, pelecehan terhadap kelompok masyarakat dan individu, penganiayaan terhadap anak, serta tidak sesuai norma kesopanan dan kesusilaan. ”Penetapan ini didasarkan atas hasil kesimpulan tim panelis yang diketuai Arif Rahman. Tim terdiri dari pakar komunikasi Dedi Nur Hidayat, Seto Mulyadi, Nina Armando, Bobi Guntarso, dan Razaini Taher serta dibantu 11 analis. KPI akan memantau terus tayangan yang bermasalah,” katanya.


0 komentar: