Selasa, April 01, 2008

The Spiderwick Chronicle: Misteri Dibalik Sebuah Buku Kuno



Kisah tentang peri, trol, gergasi dan goblin, kini sudah tidak asing lagi. Makanya, kali ini ada film petualangan anak baru berjudul "The Spiderwick Chronicle", yang diangkat dari buku terlaris berjudul sama milik Holly Black dan Tony DiTerlizzi.

Cerita bermula dari keluarga Grace, di mana Mallory (Sarah Bolger), dua adik kembanya, Simon dan Jared (Freddie Highmore) beserta ibunya, Helen Grace (Mary-Louise Parker) meninggalkan New York menuju sebuah rumah terpencil milik paman buyut mereka, Arthur Spiderwick (David Strathairn).

Sejak kedatangan mereka, hanya Jared yang merasakan sesuatu yang aneh. Tidak sedikit, ulah mahkluk-mahkluk tak berwujud itu justru membuat Jared menjadi tersangka. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Thimbletack (Martin Short), mahkluk mungil yang berdiam diri di balik dinding rumah.

Masalah besar mulai muncul ketika Jared menemukan dan membaca sebuah buku rahasia tersegel milik sang kakek buyut. Padahal, di atas buku tersebut sudah terdapat catatan larangan untuk membaca.

Tapi rasa ingin tahu membuat Jared membaca dan mengetahui bahwa banyak mahkluk-mahkluk menakjubkan di sekeliling rumah Spiderwick. Buku itulah yang kemudian mengubah seluruh kehidupan keluarga Grace.



Mulanya, baik Mallory dan Simon tidak mempercayai semua omongan Jared. Namun dengan bantuan sebuah batu bak kaca mata ajaib, kakak beradik ini saling bahu membahu untuk memecahkan masalah. Tak terkecuali sang ibu, Helen yang jadi percaya dengan kejadian di sekelilingnya.

Tidak dipungkiri, kisah tentang negeri dongeng menjadi nilai jual dan memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi belakangan, novel anak-anak kerap dijadikan sebuah film. Sebut saja "Harry Potter".

Secara keseluruhan, The Spiderwick Chronicle mengajak penonton untuk berimajinasi. Bukan hanya sekedar mencari solusi dari permasalahan, cerita tentang keutuhan keluarga pun turut ditonjolkan.

Hmmmm
fantasy uy
tapi blum sempet nonton
hiks hiks
pas mu nntn jadwalna ga cocok mulu
moga aja cepet bisa nonton
keburu digeser film baru
kata temen2 sih lumayan...
selumayan apa yah?

0 komentar: