Rabu, Januari 07, 2009

Review Film : Slumdog Millionaire

Sumpah ni film keren!!!! Pertama kali ngeliat di trailer2 film India dari temen gw, kayaknya menarik karena bernuansa Who Wants To Be A Millionaire? gitu, akhirnya temen gw yang penasaran ngedonlot film ini. Dan setelah gw tonton, filmnya emang semenarik trailernya. Kreatif dan apik d....

Dan setelah gw cek di Wikipedia, ni film dah banyak banget dapet nominasi dan awards. Yang terbaru dapet 4 nominasi untuk Golden Globe Awards 2009, kayaknya mah bakal jadi calon nominasi Oscar juga nih.

Filmnya yang diadaptasi dari novel 'Q and A' karya Vikas Swarup ini bercerita tentang seorang remaja India yang bernama Jamal Malik yang mengikuti kuis Who Wants To Be A Millionaire? India yang dalam film ini hostnya diperankan ama Anil Kapoor. Namun Jamal Malik dituduh berbuat kecurangan ketika memenangkan kuis ini oleh polisi, dan tentu saja sang host yang sangat heran melihat Jamal Malik yang begitu pintar dan cerdas dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan pada kuis ini.

Tak ada yang mengira kalau Jamal Malik akan segera menjadi orang kaya. Jamal adalah seorang remaja yatim piatu yang tinggal di kawasan kumuh kota Mumbai. Namun secara misterius, remaja berusia 18 tahun ini dapat dengan mudah melangkah menuju babak terakhir kuis yang berhadiah 20 juta Rupee tersebut.

Satu per satu pertanyaan yang diajukan dijawab Jamal dengan baik. Ini memicu spekulasi bahwa Jamal telah berbuat curang dan karenanya pihak kepolisian datang untuk menghalangi Jamal menjadi pemenang. Tapi di malam ketika dia memenangkan babak semifinal dengan hadiah sebesar 10 juta Rupee, Jamal dibekuk oleh polisi karena dia dianggap curang. Anak dari daerah slum di Mumbai ini dianggap tidak akan mungkin bisa menjawab pertanyaan2 kuis tersebut.


Jamal kemudian berusaha mati-matian membuktikan bahwa ia tak pernah melakukan kecurangan dalam kuis ini. Maka mulailah Jamal menceritakan kehidupan sehari-harinya dan apa yang dialaminya selama tinggal di kawasan kumuh kota Mumbai termasuk cintanya pada Latika, gadis cinta pertamanya. Dari setiap babak kisah Jamal, terkuak misteri bagaimana Jamal bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan kuis yang cukup rumit ini.

Apa sebenarnya yang diinginkan Jamal dengan mengikuti kuis ini? Hanya satu, agar Latika menontonnya dan bertemu dengan Jamal.

Film ini disutradai ama Danny Boyle yang pernah ngebuat The Beach nya Leonardo Dicaprio ama 28 Days Latter dan film ini ditulis ama Simon Beaufoy. Untuk pemeran2 diantaranya ada Dev Pathel sebagai Jamal Malik, Midhur Mittal sebagai Salim Malik, Freida Pinto sebagai Latika dan Anil Kapoor sebagai Prem Kumar, The Game Show Host.

Menurut Thio :
Bagi gw film ini salah satu film terbaik yang gw tonton sepanjang 2008. Yang paling mengesankan ide cerita, alurnya dan settingnya. Bener2 kreatif dan bikin nyaman nonton ampe abis. Salut buat film ini dan mudah2an bisa nembus Best Picture nya Oscar.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Filmnya memang asyik banget. Apalagi sinematografinya mantap tenaaan.
3/4 durasi enak dinikmti karena gaya cerita yang apa adanya, namun sedikit kurang menikmnati 1/4 bagian akhir pas Jamal berusaha memperjuangkan cintanya. Fairy tale banget kesannya. Jatuhnya, film menjadi lebih ngepop.
Over all sih A MUST SEE MOVIE