Sabtu, Juni 07, 2008

150 Tahun, Teori Darwin Masih Menuai Pro Kontra


Sabtu, 7 Juni 2008 - 10:35 wib
Sarie - Okezone

LONDON - Para ilmuwan akan merayakan kemunculan teori Darwin mengenai evolusi manusia yang masih menuai pro kontra hingga saat ini.

Tidak terasa sudah 150 tahun teori Darwin beredar dan masih menjadi perdebatan di kalangan ilmuwan dunia. Rupanya teori yang dikerjakan Charles Darwin bersama kolega satu universitasnya Alfred Wallace ini tidak kunjung mendapatkan dukungan. Padahal Darwin sempat mempresentasikan teori ini pada tanggal 1 Juli 1858 di depan para ilmuwan di London yang tergabung dalam Linean Society.

"Saat Darwin mempresentasikan teorinya itu, hanya sedikit orang yang bereaksi. Namun kemarahan yang sebenarnya harus dituai Darwin ketika ia menerbitkan buku On the Origin of Species pada tahun berikutnya," ujar pustakawan Linnean Society Lynda Brooks seperti dikutip Reuters, Sabtu (7/6/2008).

Pada 1 Juli tahun ini, para anggota perkumpulan tersebut akan mengadakan pertemuan untuk membahas dampak sains yang ditimbulkan akibat pemahaman berbeda dari teori kontroversial tersebut. Hingga saat ini anggota perkumpulan Linnean yang bermarkas di Inggris masih membanggakan diri sebagai perwakilan dari ilmuwan sejarah alam di dunia.

Teori evolusi Darwin menuai kontroversi terutama di wilayah Timur Tengah. Bahkan di beberapa negara di Eropa, seperti Amerika dan Inggris. Di negara terakhir tersebut, berdasarkan poling yang diadakan pada tahun 2006, menyatakan bahwa hanya 48 persen masyarakat Inggris yang mempercayai teori Darwin tersebut. (srn)


0 komentar: