Senin, April 21, 2008

NASA Siapkan Misi Bulan Jangka Panjang

BADAN antariksa Amerika Serikat (AS) NASA berambisi mampu mendaratkan astronot di Bulan untuk tinggal di Bulan selama enam bulan.

NASA kini sedang meneliti berbagai jenis desain wahana yang dapat digunakan manusia sebagai tempat tinggal di Bulan. "Kami perlu tinggal cukup lama di Bulan. Kira-kira sekitar enam bulan. Sama dengan waktu yang kami habiskan untuk tinggal di stasiun antariksa internasional (ISS)," ujar Direktur Advanced Capabilities Division NASA Carl Walz.

Walz mengungkapkan, wahana yang akan menjadi pos pertama manusia di Bulan itu mungkin akan memiliki desain mirip ISS. Saat ini, ISS dapat ditinggali tiga manusia dalam waktu cukup panjang. NASA bertekad menyelesaikan pembangunan pos Bulan pada 2010. Ada pun penerbangan NASA ke Bulan dijadwalkan berlangsung pada 2020. NASA kini sedang mendesain pula sistem transportasi, komunikasi, serta pembangkit listrik untuk mendukung operasi di Bulan.

"Kita akan tinggal di Bulan, bekerja di Bulan, melakukan pembangunan di Bulan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Bulan," papar Walz, yang juga merupakan seorang astronot. Bulan menjadi objek eksplorasi besar-besaran karena Bulan diperkirakan kaya Helium 3. Gas tersebut dinilai sebagai sumber energi alternatif yang potensial untuk menggantikan sumber energi Bumi yang mulai menipis.

Negara-negara yang berlomba dengan AS untuk mengeksplorasi Bulan antara lain Rusia, Jepang, dan China. Mereka menargetkan, pendaratan manusia di Bulan terjadi pada 2020.

0 komentar: